Cari Blog Ini

Jumat, 19 Agustus 2011

Kab. Tapin

1. Goa Batu Hapu terletak di dekat pasar Binuang tepatnya di desa Batu Hapu Kecamatan Hatungun. Merupakan goa yang mempunyai panorama luar biasa yang mempunyai stalagnit dan stalagmit menghiasi dalam goa yang dapat menggugah kebesaran Allah SWT dalam ciptaanNya sebagai pelajaran pengetahuan alam.

gambar goa batu hapu


2. Goa Baramban terletak di Desa Miawa Kecamatan Piani 16 km dari Rantau. Goa ini cukup menarik lantaran pemandangan bukit kapur dengan batu gamping yang memutih.

3. Peranginan Ratu terletak 12 km dari kota Rantau, tepatnya di Kecamatan Lok Paikat.
Peranginan Ratu adalah obyek wisata alam berupa danau yang dikelilingi pegunungan dengan aneka satwa jenis burung-burungan.

4. Gunung Hambuku terletak di Kecamatan Piani, 20 km dari kota Rantau. Menyajikan panorama alam yang indah.

5. Gunung Lampinit terletak di Kecamatan Bungur, 15 km dari kota Rantau. Takkalah menarik dengan panorama alam yang ada di Gunung Hambuku.

6. Sirkuit Internasional Balipat terletak di Kecamatan Binuang, 30 km dari kota Rantau. Merupakan sirkuit nomor dua terbesar di Indonesia setelah sirkuit Sentul Bogor.

7. Makam Datu Nuraya terletak di desa Munggu Tayuh Tatakan Kecamatan Tapin Selatan.

8. Makam Datu Sanggul terletak di Desa Tatakan Kabupaten Tapin.

9. Masjid Banua Halalat (Masjid Al-Mukarramah) teletak di Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Masjid ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari biasanya terlebih secara kultural pada aspek kepercayaan masyarakat sekitar, semenjak turun temurun masjid tersebut mempunyai sebuah karismatik sebagai ikon peninggalan sejarah perjuangan para tokoh agama di dalam mengembangkan misi agama Islam di daerah sekitar masjid.

10. Situs Candi Laras terdapat di Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Pada situs candi ini ditemukan potongan-potongan arca Batara Guru memegang cupu, lembu Nandini dan lingga. Semuanya disimpan di Museum Lambung Mangkurat, Banjarbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar